STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PermenPAN RB 35/2012 Serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.

dan STANDAR PELAYANAN (SP) PermenPAN RB 15/2014 Standar pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji Penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Keterkaitan substantif dan muatan yang terkandung dalam ketiga definisi dimaksud adalah menunjukan bahwa SOP merupakan intisari dari standar pelayanan. Fungsi pembeda lainnya adalah dari sisi manfaat:

  • SOP bermanfaat untuk memberikan kepastian pelaksanaannya,
  • SP menjamin kepastian yang penerima layanan.

SEMUA PELAYANAN YANG TERSUSUN DI DALAM SOP DAN SP TIDAK DIPUNGUT BIAYA (GRATIS)

JAM PELAYANAN 08.00 S/D 15.00

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN : 2 – 3 HARI KERJA



SOP Pelayanan 2019 Unduh
SOP Pelayanan 2020Unduh
SOP Pelayanan 2021Unduh
Standar Pelayanan 2019Unduh
Standar Pelayanan 2020Unduh
Standar Pelayanan 2021Unduh