Bimbingan Teknis Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Bagi Petugas Administrasi Kependudukan Terintegrasi bagi Operator DESA GISA Aplikasi SIPEMUDA Online

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Bagi Petugas Administrasi Kependudukan Terintegrasi bagi Operator DESA GISA Aplikasi SIPEMUDA Online di Aula Bank Kalbar Kabupaten Kubu Raya pada tanggal 06-07 Juni 2023.

Berdasarkan Instruksi Bupati Kubu Raya Nomor 470/0170.A/DUKCAPIL/2022 Tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan Kabupaten Kubu Raya tanggal 28 Januari 2022 dan pelimpahan wewenang sebagian pengurusan administrasi kependudukan kepada petugas kecamatan dan desa.

Dalam kegiatan ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya memberikan Bimbingan Teknis kepada Kasi Pemerintahan Kecamatan di Kabupaten Kubu Raya dan Kasi Pemerintahan Desa atau Kepala Urusan yang menangani administrasi kependudukan di desa. Bimtek ini dilaksanakan dengan membagi peserta dalam 2 sesi, yaitu:

– Sesi 1 (6 Juni 2023) hadir 58 Desa dari Kecamatan Sungai Raya, Sungai Ambawang, Teluk Pakedai, dan Sungai Kakap,

– Sesi 2 (7 Juni 2023) hadir 50 Desa dari Kecamatan Kuala Mandor B, Terentang, Batu Ampar, Kubu, dan Rasau Jaya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya, kemudian dilanjutkan dengan paparan pembahasan pelayanan Administrasi Kependudukan yang disampaikan langsung oleh masing-masing kepala bidang/ yang mewakili. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab tentang pelayanan terintegrasi Dinas Dukcapil Kabupaten Kubu Raya Aplikasi SIPEMUDA Online. Dalam Kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dan Penyerahan Piagam Penghargaan bagi Desa terbaik dalam melaksanakan Administrasi Kependudukan di desa.

Dengan dilakukannya Bimbingan teknis Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Bagi Petugas Administrasi Kependudukan Terintegrasi dalam Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan di desa dapat saling kepong bakol dalam mewujudkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan Indonesia.

Dengan semangat kepong bakol ini, diharapkan akan terbangunnya ekosistem pemerintahan dan masyarakat yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan yang di desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *