Dinas Dukcapil KKR Terapkan Siak Versi 7.0

By Super Admin 19 Des 2018, 15:04:23 WIB Artikel
Dinas Dukcapil KKR Terapkan Siak Versi 7.0

Sungai Raya (01/10) - Sejak 01 Oktober 2018 Dinas Dukcapil KKR mulai memberlakukan software aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terbaru yaitu peningkatan dari versi 6.0 ke versi 7.0.

Format SIAK versi 7.0 yang berbeda dengan versi sebelumnya adalah perbedaan pada tampilan Kartu Keluarga (KK) yang baru.

Tampilan KK pada SIAK versi 6.0 hanya ada 15 kolom, namun pada SIAK versi 7.0 ini ditambah lagi dengan kolom golongan darah, status perkawinan, tanggal perkawinan kemudian penambahan kolom kepercayaan, sesuai dengan keputusan MK Nomor: 97/PUU-XIV/2016 tentang Pencantuman Penghayat Kepercayaan dalam Kolom KTP-el dan KK.

Hal yang berbeda pada versi terbaru ini adalah dalam pengurusan KK, pemohon harus melampirkan fotocopy akta perkawinan atau surat nikah dan golongan darah.

Pada kolom status perkawinan di KK akan muncul kawin tercatat atau kawin tidak tercatat.

Bagi status perkawinan yang telah terdaftar di database akan tertulis “kawin tercatat”.

Misalnya bagi WNI Non Muslim yang belum mencantumkan akta perkawinan, atau surat nikah bagi muslim, maka dalam KK nya akan tertulis “kawin tidak tercatat” meskipun sudah memiliki surat atau akta nikah, karena belum dimasukkan nomor serta tanggal surat nikahnya.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 8 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment